Mon. Apr 6th, 2020

LintasAceh.com

Portal Berita Rakyat Aceh

Yunia Shofiasti : Aceh Tengah Berpotensi Menjadi Sentral Budidaya Bunga Krisian

2 min read
Yunia shofiasti, ST., MT. Sekertaris DPD PDI Perjuangan Aceh

Aceh Tengah, LintasAceh.com -| Yunia Shofiasti, ST., MT., Selaku Sekertaris PDI Perjuangan Ikut lansung memanen   Bunga Krisian Seruni di Desa Buter Balik, kecamatan kute Panang, kabupaten Aceh Tengah, ini merupakan panen Perdana Kelompok Tani yang di Pelopori oleh PDI Perjuangan di Aceh tengah. 29/2, 2020. ( LA )

Budidaya bunga krisan ini mempunyai nilai ekonomis tinggi, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Memang dibutuhkan kemapuan tertentu dan hanya bisa ditanam pada katinggian tertentu.

Potensi Tanah Gayo Aceh tengah yang merupakan dataran tinggi sangat cocok bagi tumbuhan Bunga Yang bernilai ekspor ini, potensi Yang mendukung ini dimanfaatkan lansung oleh kader PDI Perjuangan Dengan Mempeloporinya untuk membudidayakan bunga Krisian seruni dan melakukan pengembangan Di lima desa yang ada Di kecamatan Kute panang.

Baca Juga  Puji Hartini, Meminta Bappeda Perjuangkan Program Prioritas Masyarakat

Shofiati Selaku Sekertaris PDI Perjuangan Aceh merasa Bangga dan haru Dengan Hasil dari apa yang sudah di harapkan sejak sekian lama ini. dimana tekatnya bersama Marsia Karsia ingin mewujudkan Aceh Tengah Berdikari.

“Gayung terus bersambut, Takengon adalah tempat di mana saya dilahirkan. Dan  ini adalah Cita cita kecil saya Sejak dahulu agar dapat memberikan Harapan Indah yang bermanfaat bagi warga Masyarakat Aceh Tengah, Begitu besar rasa Syukur yang saya panjatkan saat program ini mulai berjalan Apa lagi saat Panen seperti ini, Bunga Krisian ini Sederhana sekali Namun sangat berarti dan bernilai Jual tinggi” Ujarnya.

Baca Juga  Butuh Kartu Indonesia Pintar? PDIP Banda Aceh Siap Membantu

Panen perdana Bunga Krisian di desa Buter Balik ini yang dibudidayakan oleh Wanto dan  kelompok Tani, awal nya sempat di anggap Aneh oleh warga setempat, bagaimana tidak, mereka yang telah lama terbiasa bertani Cabe dan Kopi serta tanaman palawija lainnya. Malah diajak Bertani Bunga, Namun akhirnya keanehan itu sirna begitu saja saat mengetahui Bunga Krisan diminati oleh pasar   Lokal dan Mancanegara.

Baca Juga  Habib Atlit Usia 10 Tahun Aceh ingin Menjadi Seperti Antonio Ginting.

Shofiasti menambahkan, Saat ini kami telah melakukan Pengembangan budidaya ini Di 5 desa di kecamatan Kute panang dan Harapan saya Aceh Tengah Akan menjadi Sentral Budidaya Bunga Krisian di Aceh nantinya.

“Saat ini Target kami selain pasar Lokal kami juga  membidik mancanegara salah satu nya Jepang. Jika nantinya terpenuhi kuota kami akan menjadikannya Komoditi ekspor dan salah satu negara tujuan nya adalah Jepang dimana Jepang sangat Meminati bunga Krisian sebagai Bunga yang di gunakan di Acara acara adat mereka” tutup Yunia Shofiati dengan Semangat Keyakinan. (Aprizal LA)

Rizal LintasAceh.com memberitakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LintasAceh.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
x