Mon. Apr 6th, 2020

LintasAceh.com

Portal Berita Rakyat Aceh

Peran penting perangkat Desa/Gampong di Aceh terhadap pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona (covid-19)

2 min read

Banda Aceh, LintasAceh.com -|Kewaspadaan dengan melakukan pencegahan penyebaran virus corona (covid-19) memang harus lebih proaktif dan menyeluruh sampai ke pelosok negeri. Minggu 22/3 2020. (LA)

Melalui Pesan WhatsApp, Anhar Salah satu Akademisi Muda yang juga merupakan Advokast ( Pengacara ) Menyampaikan Opini nya Terkait Penanganan Melawan Virus Corona,

Anhar Nasution, Akademisi sekaligus Loyer Muda Aceh.

“Data BNPB 21 maret 2020 di indonesia sejumlah 450 positif, 38 meninggal dan 20 orang dinyatakan sembuh. Luar biasa meningkat dibanding sehari sebelumnya hanya berjumlah 369 orang yang dinyatakan positif. Pemerintah memang terus melakukan upaya pencegahan tersebarnya virus corona (covid-19) tersebut. Namun demikian, upaya pencegahan tersebut harus dilakukan lebih proaktif secara kaffah sampai ke tingkat desa.

Baca Juga  Burung Merpati di tangkap Karena Mebawa 178 Pil Ekstasi Lintasi Negara

Di Aceh khususnya, Alhamdulillah belum ada yang positif terjangkit virus corona (covid 19). Hanya masih dalam kategori PDP dan ODP, dsb. Kita berdoa dan berharap jangan sampai ada satu orang pun masyarakat di Aceh terjangkit virus tersebut. Tapi sekali lagi ikhtiar secara kaffah juga harus dilakukan terus menerus serta menyeluruh.

Kita mengetahui Pencegahan tersebarnya virus corona (covid-19) bukan hanya dilakukan mulai dari pintu masuk negara, provinsi dan kabupaten/kota baik melalui udara, laut, dan jalan darat, Akan tetapi juga sampai ke tingkat desa. Dalam hal ini yaitu tingkat desa/gampong di provinsi Aceh.

Baca Juga  Barak Putra Di Pesantren Darul Itami Ludes Dilalap sijago Merah

Pemerintah aceh diharapkan dapat memberikan peran lebih kepada perangkat desa/gamponh agar lebih proaktif dalam melakukan pencegahan dan penanganan virus corona (covid-19). Ditambah lagi Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah meminta seluruh pemerintah daerah untuk ikut menangani penyebaran virus corona (Covid-19) dengan memanfaatkan dana desa. Hanya saja sekarang bagaimana pemerintah Aceh melalui kebijakannya untuk memberikan peran penting kepada pemerintah desa/gampong dalam melakukan pencegahan dan penanganan tersebarnya virus corona (covid-19).

Peran tersebut bisa saja berupa piket di desa/gampong (semacam ronda malam) yang dilakukan oleh perangkat desa yang dibantu oleh penduduk setempat terhadap pemeriksaan kesehatan masyarakat setiap harinya menggunakan thermal sensor, membagikan masker dan hand sanitizer gratis dengan memberikan kesetiap rumah penduduk, bertanggung jawab terhadap stock masker dan hand sanitizer di desa dan masih banyak hal lainnya yang dapat dilakukan oleh perangkat desa/gampong yang nantinya dibantu oleh penduduk desa/gampong setempat..

Baca Juga  Dana CSR Tahun 2019 Capai 4,3M Lebih di Nagan Raya

Dengan dilakukan hal tersebut di desa/gampong sekiranya juga dapat membantu beban tugas pemerintah Aceh di provinsi dan di tingkat kabupaten/kota dalam melakukan pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona (covid-19)”. Tutup Anhar Nasution
Akademisi sekaligus Advokat muda di Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LintasAceh.com © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
x